Fentia

Curhat

Kamis, 21 Januari 2010

Membuat object Palu 3 Dimensi menggunakan aplikasi 3ds max 8

Membuat object Palu 3 Dimensi menggunakan aplikasi 3ds max 8


1. membuka aplikasi 3ds max














2. Membuat object line, circle dan rectangle. Caranya pada bagian kanan pilih create lalu pilih tab shapes . Selanjutnya membuat ketiga object tersebut pada lembar kerja.















3. Setelah ketiga object tersebut dibuat, langkah selanjutnya adalah pilih tool object pada toolbar, lalu klik object line. setelah itu klik panel create - Geometry dan pilih Compound Object.


4. Kemudian pilih loft. Pada properties loft pastikan nilai path 0.0, lalu klik Get Shape dan klik object lingkaran yang telah dibuat.















5. Selanjutnya masih pada properties loft, hilangkan ceklist pada skin, sehingga tampilannya akan berubah dan akan mudah untuk malakukan modifikasi.




















6. selanjutnya adalah membuat shape berikutnya. Caranya sama seperti diatas, namun pada shape yang kedua nilai pathnya dirubah menjadi 14 setalah diganti menjadi 14 maka pada object lini akan terdapat tanda silang, tanda tersebut merupakan tanda dimana shape akan ditempatkan, setelah itu pilih get shape dan klik object lingkaran. Langkah selanjutnya adalah sama yaitu membuat shape berikutnya yaiotu dengan nilai path 22, 32, 56, 74 dan 100, perlu diperhatikan untuk shape dengan path 32, 56, 74 dan 100 object yang diklik adalah rectangle, sedangkan untuk path 0, 14 dan 22 adalah object circle atau lingkaran.



















7. Langkah berikutnya adalah membentuk object yang telah dibuat menjadi berbentuk palu, Caranya adalah sebagai berikut. Pada shape 3 yang berupa lingkaran akan di kecilkan, caranya klik shape ke 3 dan klik tombol modify

di modifier list klik loft,

kemudian klik shape 3 tersebut menggunakan tool Select and Uniform Scale

pada toolbar kemudian atur ukuranya terhadap sumbu x dan y.

Pada shape ke 6 dan ke 7 yang merupakan objek kotak akan dibuat berbentuk pipih, untuk membuat pipih menggunakan cara yang sama seperti mengecilkan object lingkaran, kita tinggal mengatur sesuai dengan keinginan sehingga membentuk object yang di inginkan. Caranya klik Select object and Uniform Scale
lalu atur ukurannya. dan lakukan hal yang sama pada path ke 7














8. Langkah berikutnya adalah membuat celah untuk pencabut paku.

Untuk membuat pencabut paku dibagian belakang, caranya dengan mengklik panel Create - > Shapes -> Line. Lalu buat bentuk segitiga pada bagian palu yang akan dibuat celah,


9. setelah itu select objek segitiga tadi lalu klik panel modify dan pilih Extrude pada Modifier List kemudian naikan nilai amount agar tampilan menjadi 3 dinensi.















10. Lalu Klik tool Select Object , pilih objek palu yang kita buat kemudian klik panel Create - >Geometry -> Compound Object lalu pilih Boolean. klik tombol Pick Operand B, lalu klik objek palu.















11. setelah Selesai membuat kepala palu, selanjutnya adalah membuat gagang palu, caranya sama seperti diatas, pilih Create - > Shapes - > Line, buat garis tepat dibawah badan palu dan buat object lingkaran (circle).














12. Klik Line dengan mengklik tool Select Object, pilih Tab create lalu Geometry dan Compound Object, klik tombol Get Shape, klik pada object lingkaran (circle) yang telah dibuat, maka akan terbentuk gagang palu berbentuk bulat. Atur besar kecilnya agar proporsional dengan kepala palunya.




















Berikut ini adalah hasil rendernya dari berbagai posisi.
















1 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda